Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening

Mengenali Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening Untuk Di Waspadai

Tulisan ini akan menjelaskan bagaimana cara anda mengenali gejala kanker kelenjar getah bening sehingga anda dengan mudah mengetahui dan lebih mewaspadainya.

Gejala Kanker Kelenjar Getah BeningKanker kelenjar getah bening atau limfoma adalah kanker ganas yang menyerang kelenjar getah bening yang merupakan sistem limfatik yakni bagian dari sistem kekebalan tubuh kita yang berfungsi membentuk pertahanan alamiah tubuh melawan infeksi dan kanker.

Cairan limfatik sendiri adalah cairan putih menyerupai susu yang mengandung protein lemak dan limfosit yang semuanya mengalir ke seluruh tubuh lewat pembuluh limfatik.

Secara umum gejala yang dirasakan oleh seseorang yang terkena penyakit ini ialah adanya pembengkakan pada kelenjar getah bening yang berada di sekitar leher, ketiak, atau pangkal paha.

Jenis Dan Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening

1. Hodgkin’s — Merupakan jenis limfoma yang ditandai dengan pembesaran kelenjar getah bening dan limpa tanpa disertai rasa sakit. Kanker ini sangat progresif pada beberapa jaringan limfoid dan pertumbuhan abnormal sel terjadi secara cepat.

Gejala kanker kelenjar getah bening jenis hodgkin’s

  • Pembengkakan menyeluruh kelenjar getah bening di sekujur tubuh: Leher, ketiak, dan lipat paha (tidak terasa nyeri).
  • Demam, berkeringat pada malam hari, kurang nafsu makan, dan berat badan turun.
  • Pada beberapa orang, kadang-kadang menyerang dada yang menyebabkan gangguan pernafasan.

Seiring dengan berkembangnya kanker kelenjar jenis ini maka akan berpengaruh atau menyerang kelenjar getah bening disekitarnya serta organ lainnya yakni berupa paru-paru, hati, dan organ-organ abdominal.

2.  Non-Hodgkin — Merupakan kanker ganas yang berasal dari limfonodus dan jaringan limfa lainnya. Gejala-gejala kanker getah bening jenis Non-Hodgkin:

  • Pembesaran kelenjar getah bening.
  • Pembesaran tonsil dan kelenjar adenoid, limfonodus di leher dan sekitarnya menjadi kemerahan.
  • Limfoma yang berkembang menunjukkan gejala demam, berkeringat pada malam hari, lelah, dan berat badan menurun

Limfoma jenis ini lebih sering terjadi pada pria terutama pada usia di atas 50 tahun. Semakin tua usia seseorang semakin tinggi resiko terkena limfoma.

Sementara itu belum diketahui secara pasti penyebab kanker ini akan tetapi para ahli menduga  penyakit ini disebabkan oleh faktor keturunan, kelainan sistem kekebalan, infeksi virus atau bakteri dan toksin lingkungan (herbisida, pengawet, pewarna kimia).

sumber : deherba.com

Demikianlah sekilas tentang gejala awal kanker kelenjar getah bening ini semoga bermanfaat dan bisa membantu jangan lupa baca juga artikel tentang obat kanker kelenjar getah bening alami sebagai salah satu alternatif pengobatan kanker kelenjar getah bening yang bisa anda lakukan dan pilih.Dan kami ucapkan terima kasih banyak atas kesediaan anda berkunjung di halaman sederhana kami ini .

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s